iklan

Beberapa cara untuk mengenali gosip hoax atau pemberitaan palsu

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax atau pemberitaan palsu

Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax

Jadilah insan pintar yang tidak malas mencari kebenaran dalam mendapatkan suatu informasi, Apalagi kalau informasi itu bersumber dari internet ! Hmm bener tidak sob ? Kebanyakan dari masyarakat indonesia terlalu praktis atau praktis percaya dengan informasi yang belum tentu benar isinya, Gampang terhasut dengan isu isu sumbang di sosial media , Apalagi kalau berkaitan dengan Agama Hmm sudah rusak dunia persilatan dibuatnya heheheh Bener lagi tidak ?

Oke sebelum kita masuk ke topik bahasan pagi ini saya ingin mengambarkan sedikit Apa itu hoax ?
Hoax / Pemberitaan palsu adalah perjuangan untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta informasi palsu tersebut tahu bahwa informasi tersebut yaitu palsu. Salah satu pola pemberitaan palsu yang paling umum yaitu mengklaim sesuatu barang atau tragedi dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan contohnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Kaprikornus pada dasarnya informasi tersebut sudah bermuatkan konten yang emang sengaja dibentuk untuk menipu para pembaca nya, Dalam kata lain ada propaganda dengan maksud dan tujuan tertentu didalamnya, Kalau pola di dunia IM "Ada yang sengaja ngeshare foto yang menyedihkan atau mengandung unsur ke TUHANAN dan ke agamaan didalam nya yang dimana para pembaca diajak untuk mengshare / membagikan postingan tersebut, Padahal di bawah deskripsi gambar ada link link CPI atau CPA yang tidak sengaja ke klik oleh visitor / Pembaca untung kalau cuma itu aja isinya nah kalau isinya malware gimana ? Kelar deh akun sosial media kamu.

Lalu bagaimana cara mengenali dan mengantisipasi informasi hoax tersebut ? 

Beberapa cara mengenali dan menghindari pemberitaan palsu atau hoax :

#1. Jangan pribadi percaya dengan judul. Kabar informasi palsu sering kali mempunyai judul yang menarik yang ditulis dalam karakter besar dan dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan dalam judul kelihatannya tidak sanggup dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu.

#2. Perhatikan URL berita. URL palsu atau yang dibentuk seolah-olah aslinya sanggup menjadi tanda peringatan informasi palsu. Banyak situs informasi palsu ibarat sumber informasi autentik dengan sedikit mengubah URL. Anda sanggup membuka situs tersebut untuk membandingkan URLnya dengan sumber tepercaya.

#3.Selidiki sumbernya. Pastikan dongeng tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai mempunyai reputasi keakuratan yang baik. Jika dongeng tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, periksalah bab "Tentang" mereka untuk mempelajari selengkapnya.

#4. Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar. Banyak situs informasi palsu mempunyai kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat gejala ini.

#5. Pertimbangkan fotonya. Kabar informasi palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya melenceng. Anda sanggup menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.

#6. Periksa tanggalnya. Kabar informasi palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal tragedi yang sudah diubah.

#7. Periksa buktinya. Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya sanggup mengindikasikan kabar informasi palsu.

#8. Lihat laporan lainnya. Jika tidak ada sumber informasi lainnya yang melaporkan dongeng yang sama, hal tersebut sanggup mengindikasikan bahwa dongeng tersebut palsu. Jika dongeng tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan dongeng tersebut benar.

#9. Apakah dongeng tersebut hanya gurauan? Terkadang kabar informasi palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya memang populer menampilkan parodi, dan apakah perincian dongeng dan nadanya memperlihatkan kesan informasi tersebut hanya sekadar gurauan.

#10. Beberapa dongeng memang sengaja dibentuk salah. Berpikirlah secara kritis perihal dongeng yang Anda baca, dan hanya bagikan informasi yang Anda ketahui sanggup dipercaya.

#11. Bagikan postingan ini kepada sanak saudara sobat biar mereka tidak tergoda pemberitaan palsu di sosial media dan internet baik berupa gambar, artikel, video dan laimya.

Lalu bagaimana cara melaporkan informasi hoax ?

Cara melaporkan pemberitaan palsu di internet :

di indonesia sendiri sudah ada loh situs khusus untuk melaporkan pemberitaan palsu di internet, Kemarin juga pernah masuk TV nasional ne kebetulan pembuat web nya berteman juga dengan saya di facebook,

Berikut informasi mengenai https://www.turnbackhoax.id/

Membongkar Kebohongan dan Mengekspos Penipuan!

"Dimana skeptisme tiba untuk menganalisa rumor dan fakta atas klaim palsu terhadap kisah legenda perkotaan (Urban Legend), okultisme, mitos dan Supranatural. Dengan misi Membongkar kebohongan di internet dan mengekspos dugaan tindakan modus penipuan. Juga menyebarkan informasi dengan ensiklopedia perihal fenomena alam semesta."

HOAX (Pemberitaan palsu) :

Sebuah pemberitaan palsu yaitu perjuangan untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta informasi palsu tersebut tahu bahwa informasi tersebut yaitu palsu. Salah satu pola pemberitaan palsu yang paling umum yaitu mengklaim sesuatu barang atau tragedi dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan contohnya pertunjukan sulap. Jika dalam 'pemberitaan palsu', pendengar atau penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap penonton justru mengharapkan supaya ditipu. Beberapa pola dari pemberitaan palsu yaitu :

* Teori konspirasi dan Fenomena Alam (Cocoklogi).
* Barang atau produk palsu (Penipuan konsumen).
* April Mop, Satir, Sarkasme dan Parodi (Penipuan untuk hiburan).
* Klaim Palsu dan Surat berantai atau Broadcast (Hoax)
* Pemalsuan dokumen (Modus penipuan)
* Legenda Perkotaan (Urban Legend)
* Penipuan melalui surat-menyurat dan melalui Internet (Scam)
* Viral Marketing (Penipuan dengan trik marketing)
* Dan segala bentuk Hoax serta Rumor lain sebagainya.

Dioperasikan sebagai layanan publik untuk Komunitas Internet. Siapapun berhak menjadi pembaca, administrator, moderator, penyunting, kontributor, dan investigator.

Kami tidak dibayar ataupun mendapatkan kontribusi dalam bentuk apapun dan oleh siapapun hingga dikala ini.

Tim Admin

Kamu sanggup mendapatkan pemberitahuan terbaru melalu fanspage resmi nya https://www.facebook.com/pg/TurnBackHoax/

Hmm keren banget kakak satu ini, Ini gres anak bangsa indonesia. Oke kau sanggup memakai fitur dari turn back hoax indonesia ini secara gratis silahkan lihat dibawah ini :
Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax atau pemberitaan palsu

#1. Silahkan kunjungi situs https://www.turnbackhoax.id/ atau https://data.turnbackhoax.id/#/home
#2. Login memakai akun facebook kamu.
Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax atau pemberitaan palsu

#3. Silahkan kau isikan data lengkap pemberitaan palsu yang sudah kau jumpai.

Atau kalau ingin memakai App turn back hoax di smartphone kau sanggup unduh gratis disini
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.oneapp.turnbackhoax&hl=en

Semoga kita semua sanggup menjadi insan indonesia yang cerdas dalam mendapatkan informasi biar kerukunan antara kita sanggup terus terjalin dengan baik, tanpa ada perbedaan yang sanggup menciptakan kita hancur, Kita berpengaruh alasannya yaitu kita bersama , Kita besar alasannya yaitu kita berbeda, tetap jaga Kebhineka tunggal ika an kita .

Salam super perampokgoogle.com

Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax Beberapa cara untuk mengenali informasi hoax atau pemberitaan palsu


Sumber https://perampokgoogle.blogspot.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Beberapa cara untuk mengenali gosip hoax atau pemberitaan palsu"

Posting Komentar